Rabu, 01 Maret 2017

Soal dan jawaban UTS Rancangan Percobaan

UJIAN TENGAH SEMESTER
SEMESTER GANJIL 2015/ 2016

                                                     MATA KULIAH      :  PERANCANGAN PERCOBAAN
                                                    HARI/ TANGGAL   :  RABU/ 2 NOVEMBER 2016
                                                    WAKTU                     :  360 MENIT
NAMA
AHMAD YASIN
NPM/KLS
150510140047/C



Baca dengan teliti dan jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah secara jelas. Saudara dipersilakan bekerja mandiri; tidak diperkenankan berdiskusi dengan sesama teman. Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut, gunakanlah program computer Excel; dilarang menggunakan program aplikasi. Angka di belakang setiap soal adalah nilai maksimum yang dapat Saudara peroleh.

Jawaban dikirim melalui email meddyrachmadi@gmail.com dengan subyek “UTS Rancob” dengan attachment file Word dan/ atau Excel; disesuaikan kebutuhan. Batas waktu pengiriman jawaban adalah 5 (lima) jam dihitung sejak hari Rabu/ 2 November 2016 jam 19.30. Setiap keterlambatan pengiriman 5 (lima) menit, nilai akan dikurangi 1 (satu) persen dihitung dari nilai jawaban yang Saudara peroleh; dan sebaliknya untuk setiap percepatan pengiriman 5 (lima) menit. Pengiriman jawaban masih dapat diterima sampai dengan 10 (sepuluh) jam sejak pengiriman soal.

1.         Seorang mahasiswa berencana melaksanakan penelitian dengan judul “Pertumbuhan dan Hasil Dua Varietas Kedelai pada Berbagai Tingkat Cekaman Kekeringan”. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi respon pertumbuhan dan hasil pada kedelai yang telah dilepas oleh Fakultas Pertanian Unpad, yaitu varietas Manglayang dan Arjasari, terhadap lima tingkat cekaman kekeringan yang diuji. Kedua varietas kedelai yang digunakan tersebut diketahui beradaptasi baik baik pada kondisi lingkungan optimal. Apabila Saudara diminta memberikan pertimbangan untuk terlaksananya penelitian tersebut : (15)
a.    Apakah penelitian harus dilaksanakan di ruangan terkendali atau sebaliknya ? Jelaskan !
Ya , penelitian harus dilakukan di rung terkendali karena dalam penelitian ini tingkat cengkaman haus diperhatikan dan tidak di pengruhi oleh faktor lingkungan dan faktor cuaca yang suka berubah .
b.    Apakah rancangan percobaan yang relevan digunakan ? Jelaskan!
rancangan percobaan yang relevan digunakan  adalah dengan  menggunakan RAL karena  penelitian ini di lakukan pada ruang  terkendali.
c.     Berapa jumlah ulangan yang akan Saudara rekomendasikan ? Jelaskan !
Rumus : (R-1)x(T-1)  15
                (R-1)x (5-1) 15
                4R-4 15
                R
jumlah ulangan yang akan saya rekomendasikan minimal 5 ulangan
2.         Pengertian “interaksi” dikenal pada percobaan dua faktor atau lebih, dengan penataan tata ruang faktorial dan Split Plot. (15)
a.    Apa yang dimaksud dengan konsep interaksi tersebut ?
Antara faktor satu dengan yang lainnya memiliki pengaruh terhadap hasil
b.    Pada dasarnya, apa penyebab munculnya “interaksi” tersebut ?
Pada dasarnya penyebab terjadinya interaksi adalah antara perlakuan  dengan perlakuan lain pada setiap faktor memiliki pengaruh yang berbeda.
c.     Dapatkah Saudara menjelaskan dua fenomena di bidang pertanian yang menggambarkan konsep “interaksi”!
Fenomena  1 :pengaruh pemberian dosis pupuk organik terhadap berbagai varietas pada tanaman jagung
·         faktor satu pemberian dosis pupuk  organik  (25 kg/ha,50kg/ha,75kg/ha )
·         faktor dua perbedaan varietas tanaman jagung (jagung manis , jagung mutia ,jagung berondong)
pemberian dosis pupuk organik pada varietas berbeda (jagung manis , jagung mutia ,jagung berondong) akan menghasilkan pertumbuhan yang berbeda
Fenomena  2: pengaruh pemberian dosis peptisida tehadap pengaruh populasi hama serangga pada tingkat ordo
·         faktor satu pemberian dosis pestisida ( 25L/ha ,50L/ha ,75L/ha)
·         faktor dua perbedaan ordo pada hama serangga (colleoptera , homop tera , diptera )
pemberian dosis pestisida terhadap ordo pada hama serangga  (colleoptera , homop tera , diptera )akan menekan populasi yang berbeda

3.         Percobaan untuk melihat respon kedelai terhadap naungan pada pertanaman tumpangsari dengan jagung dirancang berdasarkan tata ruang RAK. Salah satu variabel yang diamati adalah sudut daun. Berdasarkan kajian kepustakaan, kedelai yang toleran terhadap naungan dicirikan dengan daun yang responsif terhadap datangnya cahaya; yang diukur melalui sudut daun. Berikut datanya : (40)
No.
Genotipe
Ulangan
No.
Genotipe
Ulangan
I
II
I
II
1
BTN 1
32.50
42.50
9
KA 6
67.50
52.50
2
BTN 2
52.50
42.50
10
KA 7
52.50
50.00
3
BTN 5
45.00
47.50
11
KBI 2
57.50
52.50
4
CK 0
60.00
42.50
12
KH 8
55.00
42.50
5
CK 15
62.50
47.50
13
SM 2
42.50
35.00
6
CK 5
62.50
40.00
14
ARJASARI
45.00
45.00
7
CK 6
75.00
45.00
15
CIKURAY
52.50
52.50
8
JT 3
62.50
47.50
16
MALIKA
70.00
37.50
a.    Berdasarkan data tersebut, buat dan isilah tabel analisis variansnya beserta uji signifikansi pada taraf kesalahan 5% dan 1% dan Coefficient of Variance dari hasil percobaan tersebut !
Sumber Variasi
db
JK
KT
F
Hitung
0.05
0.01
Ulangan
1
929.88
929.88
13.72
4.54
8.68
Perlakuan
15
1249.80
83.32
1.23
2.40
3.52
Galat
15
1016.99
67.80



Total
31
3196.68
103.12



FK =
81759.57
CV =
16.29

b.    Bagaimana kesimpulan/ interpretasi yang dapat Saudara ambil atas hasil ?
Berpengaruh nyata antar perlakuan 1 dengan yang lainnya terdapat pengaruh nyata
c.     Menurut Saudara, apakah interpretasi/ kesimpulan yang Saudara ambil tersebut dipengaruhi oleh kondisi perulangan ? Jelaskan !
Dipengaruhi karena bukan di tempat yang terkendali ( laboratorium)
d.     Menurut Saudara, apakah interpretasi/ kesimpulan yang Saudara ambil tersebut dipengaruhi oleh nilai Coefficient of Variance ? Jelaskan !
Dipengaruhi karena untuk mencari F hitung harus menggunakan CV
4.         Berdasarkan tabel data, tabel interaksi, dan analisis varians di bawah ini, isi dan jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut : (30)
Tabel Data :
No.
Perlakuan
R-I
R-II
R-III
Total
1
a0 b0
4,9720
5,5015
5,6785
16,1520
2
a0 b1
4,9775
7,3405
8,1725
20,4905
3
a0 b2
5,7840
6,0310
8,2405
20,0555
4
a1 b0
4,8295
4,7401
5,3730
14,9426
5
a1 b1
6,6005
4,7480
6,5335
17,8820
6
a1 b2
4,2660
5,3730
5,7840
15,4230
7
a2 b0
5,3485
5,6300
6,4535
17,4320
8
a2 b1
6,5335
6,6005
7,3405
20,4745
9
a2 b2
5,4920
6,0310
5,7840
17,3070
10
a3 b1
7,2135
6,9695
8,8900
23,0730
11
a3 b2
5,4855
4,2660
5,4920
15,2435
12
a3 b3
5,0010
6,4250
5,3400
16,7660
Total

66,5035
69,6561
79,0820
215,2416

Tabel Interaksi :
No,
Perlakuan
B1
B2
B3
Total
1
A1
16,1520
20,4905
20,0555
56,6980
2
A2
14,9426
17,8820
15,4230
48,2476
3
A3
17,4320
20,4745
17,3070
55,2135
4
A4
23,0730
15,2435
16,7660
55,0825
Total

71,5996
74,0905
69,5515
215,2416
Tabel Anova
Sumber Variasi
db
JK
KT
F hit
F,05
F,01
Ulangan
2
9,5187
4,75935
8,4

0,051376
0,010053
Perlakuan
11
12,1316
1,102873
1,95

0,390518
0,255043
A
3
3,572492
1,5079
2,66

0,11613
0,037763
B
3
1,1482
0,5741
1,01

0,11613
0,037763
AB
6
7,410908
1,0766
1,9

0,263175
0,138748
Galat
32
13,5996
0,5667




T o t a l
35
35,25







a.    Lengkapi data pada tabel interaksi !
b.    Lengkapi kolom “db” pada tabel anova !
c.     Lengkapi kolom “JK” pada tabel anova !
d.    Lengkapi kolom “KT” pada tabel anova !
e.    Isilah F­hitung dan F,05 dan F,01 dari perlakuan A dan B !

f.      Isilah uji signifikasnsinya perlakuan A dan B !

1 komentar: