UJIAN TENGAH SEMESTER
SEMESTER GANJIL 2015/ 2016
MATA
KULIAH : PERANCANGAN PERCOBAAN
HARI/
TANGGAL : RABU/ 2 NOVEMBER 2016
WAKTU : 360 MENIT
NAMA
|
AHMAD YASIN
|
NPM/KLS
|
150510140047/C
|
Baca dengan teliti dan jawablah pertanyaan-pertanyaan di
bawah secara jelas. Saudara dipersilakan bekerja mandiri; tidak diperkenankan
berdiskusi dengan sesama teman. Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut,
gunakanlah program computer Excel; dilarang menggunakan program aplikasi. Angka
di belakang setiap soal adalah nilai maksimum yang dapat Saudara peroleh.
Jawaban dikirim melalui email meddyrachmadi@gmail.com dengan subyek “UTS Rancob” dengan attachment file Word dan/ atau Excel;
disesuaikan kebutuhan. Batas waktu pengiriman jawaban adalah 5 (lima) jam
dihitung sejak hari Rabu/ 2 November 2016 jam 19.30. Setiap keterlambatan
pengiriman 5 (lima) menit, nilai akan dikurangi 1 (satu) persen dihitung dari
nilai jawaban yang Saudara peroleh; dan sebaliknya untuk setiap percepatan
pengiriman 5 (lima) menit. Pengiriman jawaban masih dapat diterima sampai
dengan 10 (sepuluh) jam sejak pengiriman soal.
1.
Seorang mahasiswa berencana
melaksanakan penelitian dengan judul “Pertumbuhan
dan Hasil Dua Varietas Kedelai pada Berbagai Tingkat Cekaman Kekeringan”. Tujuan
penelitian adalah mengidentifikasi respon pertumbuhan dan hasil pada kedelai yang
telah dilepas oleh Fakultas Pertanian Unpad, yaitu varietas Manglayang dan Arjasari, terhadap lima tingkat cekaman kekeringan yang diuji. Kedua
varietas kedelai yang digunakan tersebut diketahui beradaptasi baik baik pada
kondisi lingkungan optimal. Apabila Saudara diminta memberikan pertimbangan
untuk terlaksananya penelitian tersebut : (15)
a.
Apakah penelitian harus dilaksanakan
di ruangan terkendali atau sebaliknya ? Jelaskan !
Ya , penelitian harus
dilakukan di rung terkendali karena dalam penelitian ini tingkat cengkaman haus
diperhatikan dan tidak di pengruhi oleh faktor lingkungan dan faktor cuaca yang
suka berubah .
b.
Apakah rancangan percobaan yang
relevan digunakan ? Jelaskan!
rancangan percobaan yang relevan digunakan adalah
dengan menggunakan RAL karena penelitian
ini di lakukan pada ruang terkendali.
c.
Berapa jumlah ulangan yang akan
Saudara rekomendasikan ? Jelaskan !
Rumus : (R-1)x(T-1) 15
(R-1)x
(5-1) 15
4R-4 15
R
jumlah ulangan yang akan saya
rekomendasikan minimal 5 ulangan
2.
Pengertian “interaksi” dikenal pada percobaan dua
faktor atau lebih, dengan penataan tata ruang faktorial dan Split Plot. (15)
a.
Apa yang dimaksud dengan konsep
interaksi tersebut ?
Antara faktor satu dengan
yang lainnya memiliki pengaruh terhadap hasil
b.
Pada dasarnya, apa penyebab
munculnya “interaksi” tersebut ?
Pada dasarnya penyebab
terjadinya interaksi adalah antara perlakuan
dengan perlakuan lain pada setiap faktor memiliki pengaruh yang berbeda.
c.
Dapatkah Saudara menjelaskan
dua fenomena di bidang pertanian yang menggambarkan konsep “interaksi”!
Fenomena 1
:pengaruh pemberian dosis pupuk organik terhadap berbagai varietas pada tanaman
jagung
·
faktor satu
pemberian dosis pupuk organik (25 kg/ha,50kg/ha,75kg/ha )
·
faktor dua
perbedaan varietas tanaman jagung (jagung manis , jagung mutia ,jagung
berondong)
pemberian
dosis pupuk organik pada varietas berbeda (jagung manis , jagung mutia ,jagung
berondong) akan menghasilkan pertumbuhan yang berbeda
Fenomena 2: pengaruh pemberian dosis peptisida tehadap
pengaruh populasi hama serangga pada tingkat ordo
·
faktor satu
pemberian dosis pestisida ( 25L/ha ,50L/ha ,75L/ha)
·
faktor dua
perbedaan ordo pada hama serangga (colleoptera , homop tera , diptera )
pemberian dosis pestisida terhadap ordo pada hama
serangga (colleoptera , homop tera ,
diptera )akan menekan populasi yang berbeda
3.
Percobaan untuk melihat respon kedelai terhadap naungan pada
pertanaman tumpangsari dengan jagung dirancang berdasarkan tata ruang RAK.
Salah satu variabel yang diamati adalah sudut daun. Berdasarkan kajian kepustakaan,
kedelai yang toleran terhadap naungan
dicirikan dengan daun yang responsif terhadap datangnya cahaya; yang diukur
melalui sudut daun. Berikut datanya : (40)
No.
|
Genotipe
|
Ulangan
|
No.
|
Genotipe
|
Ulangan
|
||
I
|
II
|
I
|
II
|
||||
1
|
BTN 1
|
32.50
|
42.50
|
9
|
KA 6
|
67.50
|
52.50
|
2
|
BTN 2
|
52.50
|
42.50
|
10
|
KA 7
|
52.50
|
50.00
|
3
|
BTN 5
|
45.00
|
47.50
|
11
|
KBI 2
|
57.50
|
52.50
|
4
|
CK 0
|
60.00
|
42.50
|
12
|
KH 8
|
55.00
|
42.50
|
5
|
CK 15
|
62.50
|
47.50
|
13
|
SM 2
|
42.50
|
35.00
|
6
|
CK 5
|
62.50
|
40.00
|
14
|
ARJASARI
|
45.00
|
45.00
|
7
|
CK 6
|
75.00
|
45.00
|
15
|
CIKURAY
|
52.50
|
52.50
|
8
|
JT 3
|
62.50
|
47.50
|
16
|
MALIKA
|
70.00
|
37.50
|
a.
Berdasarkan data tersebut, buat
dan isilah tabel analisis variansnya beserta uji signifikansi pada taraf
kesalahan 5% dan 1% dan Coefficient of
Variance dari hasil percobaan tersebut !
Sumber
Variasi
|
db
|
JK
|
KT
|
F
|
||
Hitung
|
0.05
|
0.01
|
||||
Ulangan
|
1
|
929.88
|
929.88
|
13.72
|
4.54
|
8.68
|
Perlakuan
|
15
|
1249.80
|
83.32
|
1.23
|
2.40
|
3.52
|
Galat
|
15
|
1016.99
|
67.80
|
|
|
|
Total
|
31
|
3196.68
|
103.12
|
|
|
|
FK
=
|
81759.57
|
CV
=
|
16.29
|
b.
Bagaimana kesimpulan/
interpretasi yang dapat Saudara ambil atas hasil ?
Berpengaruh nyata antar
perlakuan 1 dengan yang lainnya terdapat pengaruh nyata
c.
Menurut Saudara, apakah
interpretasi/ kesimpulan yang Saudara ambil tersebut dipengaruhi oleh kondisi
perulangan ? Jelaskan !
Dipengaruhi karena bukan di
tempat yang terkendali ( laboratorium)
d.
Menurut Saudara, apakah interpretasi/
kesimpulan yang Saudara ambil tersebut dipengaruhi oleh nilai Coefficient of Variance ? Jelaskan !
Dipengaruhi karena untuk mencari F hitung harus
menggunakan CV
4.
Berdasarkan tabel data, tabel
interaksi, dan analisis varians di bawah ini, isi dan jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut : (30)
Tabel Data :
No.
|
Perlakuan
|
R-I
|
R-II
|
R-III
|
Total
|
1
|
a0
b0
|
4,9720
|
5,5015
|
5,6785
|
16,1520
|
2
|
a0
b1
|
4,9775
|
7,3405
|
8,1725
|
20,4905
|
3
|
a0
b2
|
5,7840
|
6,0310
|
8,2405
|
20,0555
|
4
|
a1
b0
|
4,8295
|
4,7401
|
5,3730
|
14,9426
|
5
|
a1
b1
|
6,6005
|
4,7480
|
6,5335
|
17,8820
|
6
|
a1
b2
|
4,2660
|
5,3730
|
5,7840
|
15,4230
|
7
|
a2
b0
|
5,3485
|
5,6300
|
6,4535
|
17,4320
|
8
|
a2
b1
|
6,5335
|
6,6005
|
7,3405
|
20,4745
|
9
|
a2
b2
|
5,4920
|
6,0310
|
5,7840
|
17,3070
|
10
|
a3
b1
|
7,2135
|
6,9695
|
8,8900
|
23,0730
|
11
|
a3
b2
|
5,4855
|
4,2660
|
5,4920
|
15,2435
|
12
|
a3
b3
|
5,0010
|
6,4250
|
5,3400
|
16,7660
|
Total
|
|
66,5035
|
69,6561
|
79,0820
|
215,2416
|
Tabel
Interaksi :
No,
|
Perlakuan
|
B1
|
B2
|
B3
|
Total
|
1
|
A1
|
16,1520
|
20,4905
|
20,0555
|
56,6980
|
2
|
A2
|
14,9426
|
17,8820
|
15,4230
|
48,2476
|
3
|
A3
|
17,4320
|
20,4745
|
17,3070
|
55,2135
|
4
|
A4
|
23,0730
|
15,2435
|
16,7660
|
55,0825
|
Total
|
|
71,5996
|
74,0905
|
69,5515
|
215,2416
|
Tabel Anova
Sumber Variasi
|
db
|
JK
|
KT
|
F hit
|
F,05
|
F,01
|
|
Ulangan
|
2
|
9,5187
|
4,75935
|
8,4
|
|
0,051376
|
0,010053
|
Perlakuan
|
11
|
12,1316
|
1,102873
|
1,95
|
|
0,390518
|
0,255043
|
A
|
3
|
3,572492
|
1,5079
|
2,66
|
|
0,11613
|
0,037763
|
B
|
3
|
1,1482
|
0,5741
|
1,01
|
|
0,11613
|
0,037763
|
AB
|
6
|
7,410908
|
1,0766
|
1,9
|
|
0,263175
|
0,138748
|
Galat
|
32
|
13,5996
|
0,5667
|
|
|
|
|
T o t a l
|
35
|
35,25
|
|
|
|
|
|
a.
Lengkapi data pada tabel
interaksi !
b.
Lengkapi kolom “db” pada tabel
anova !
c.
Lengkapi kolom “JK” pada tabel
anova !
d.
Lengkapi kolom “KT” pada tabel
anova !
e.
Isilah Fhitung dan F,05
dan F,01 dari perlakuan A dan B !
f.
Isilah uji signifikasnsinya perlakuan
A dan B !
jawabannya sangat membantu, terima kasih
BalasHapus